blogger Tanggung Jawab - Share Ilmu Komputer Share Ilmu Komputer: Tanggung Jawab

Tanggung Jawab

Nama : Mardian

NPM : 54411280

Kelas : 4IA07


Tanggung jawab menurut saya adalah sebuah sikap dimana kita harus melakukan apa yang menjadi 
kewajiban kita dan menerima resiko ketika kita lalai dalam melakukan kewajiban tersebut. 
Sedikit contoh adalah tanggung jawab tulang punggung keluarga dalam menafkahi keluarganya. 
Dia dituntut agar bisa menghidupi keluarganya di karenakan dia memiliki tanggung jawab besar 
atas keluarganya. Contoh lain adalah tanggung jawab dalam memimpin suatu bangsa, memimpin 
sebuah negara adalah bukan tugas yang mudah. Seorang pemimpin negara dipilih oleh rakyat dan
diberikan kekuasaan oleh rakyat bukan berarti dia semena-mena dalam berkuasa dan memerintah, 
justru dengan kekuasaan yang besar maka makin besar pula tanggung jawab yang harus dipikul 
pemimpin tersebut

Saya memiliki salah satu pengalaman mengenai tanggung jawab, pengalaman ini saya dapatkan
 pada saat tingkat 3 semester 6. Pada waktu itu saya sedang disibukkan dengan penulisan ilmiah 
(PI), tugas kuliah, praktikum lab yang banyak, dan juga kegiatan kursus dan workshop di Lepkom 
Perangkat Keras. Saya sendiri sudah dari tingkat 2 menjadi asisten di Lepkom Perangkat Keras, 
tidak dapat dipungkiri semenjak saya menjadi asisten disana saya banyak sekali belajar dan 
mendapatkan pelajaran yang sebagian besar tidak ada di kelas. Pada semester 6 itu Lepkom 
Fundamental Gunadarma akan membuat beberapa modul baru untuk materi kursus 
diLab-nya, lalu pihak mereka meminta perwakilan setiap Lab Lepkom untuk berpartisipasi dalam 
pembuatan modul. Mendapatkan informasi seperti itu kepala Lab Perangkat Keras pun menunjuk 
3 orang yang dapat dipercaya untuk ditugaskan dalam pembuatan modul tersebut. Beruntungnya 
saya menjadi salah satu asisten yang dipilih untuk tugas tersebut. Pada awalnya saya berpikir 
apakah saya sanggup untuk menjalankan tugas tersebut dengan baik apalagi kegiatan diluar lab 
yang sedang sibuk-sibuknya, dan akhirnya pun saya mencoba menjalani dengan niat sambil 
belajar dan mengembangkan kemampuan diri. Singkat cerita saya diberi waktu kurang lebih 2 
bulan untuk membuat materi, tutorial yang berupa video, dan juga aktivity. Saya berusaha
semaksimal mugkin untuk membagi waktu antara kuliah, kegiatan lab, dan juga pembuatan modul,
sampai hampir setiap hari saya pulang malam dari kampus. Tetapi dengan kesabaran, kerja keras, 
dan rasa tanggung jawab yang saya tanggung akhirnya saya dapat menyelesaikan projek tersebut 
tepat waktu. Tidak sampai disitu, pihak Lepkom Fundamnental pun meminta agar tiap asisten 
yang  bertugas membuat modul harus mengajarkan materi tersebut kepada asisten Lab 
Fundamental dan menjadi instruktur untuk modul tersebut dalam jangka waktu 1 semester. 
Tentu saja itu menjadi pengalaman baru yang penuh tanggung jawab bagi saya karena saya harus 
mempertanggung jawabkan apa yang saya buat. Tapi saya yakin dengan tanggung jawab sebesar 
itu akan membuat diri saya berkembang dan lebih tahan banting ketika nanti terjun langsung ke 
dalam dunia kerja.

Itu adalah salah satu pengalaman yang berkesan bagi saya, dan saya merasa beruntung pernah 
mengalaminya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Share Ilmu Komputer © 2011 Theme modification with Mardian