blogger Macam-macam Bahasa Pemograman - Share Ilmu Komputer Share Ilmu Komputer: Macam-macam Bahasa Pemograman

Macam-macam Bahasa Pemograman

Macam-Macam
 Bahasa Pemograman



            Dipostingan kali ini saya ingin share kepada teman-teman semua mengenai Macam-Macam Bahasa Pemograman (yang saya ketahui). Oke yang kita langsung aja bahas aja.....
1.      Bahasa Pemograman HTML.

Kepanjangan dari HTML itu sendiri adalah Hyper Text Markup Languange. HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi didalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium atau yang biasa disebut W3C.
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file berbentuk HTML dapat dibuka menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

2.      Bahasa Pemograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

3.      Bahasa Pemograman XML

Kepanjangan dari XML adalah Extensible Markup Languange. Pengertian XML sendiri adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

4.      Bahasa Pemograman WML

WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Languange, yaitu bahasa pemograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup languange).
WML ini adalah bahasa pemograman yang digunakan dalam aplikas wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

5.      Bahasa Pemograman Perl

Perl adalah bahasa pemograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (Sun OS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Perl merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

6.      Bahasa Pemograman CFM
CFM dibuat menggunakan tag Cold Fusion dengan software Adobe Coldfusion, Blue Dragon atau Cold Fusion Studio. Syntac Cold Fusion berbasis HTML.

7.      Bahasa Pemograman Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. Javascript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscpape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan Javascript kita membutuhkan Javascript-enebled browser yaitu browser yang mampu menjalankan Javascript.

8.      Bahasa Pemograman CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets, pengertian CSS adalah bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat digunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

9.      Bahasa Pemograman PHP

Nah ini, saya paling suka kalo bahas tentang PHP karena selain bahasa pemograman yang paling populer dan PHP juga bahasa pemograman kesukaan saya sih....hehe
PHP adalah bahasa pemograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP adalah bahasa pemograman web atau Scripting Langunge yang didesain untuk web. Awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page. PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untk mengolah data form dari web. Diawal Januari 2001, PHP telah dipakai lebih dari 5 juta domain diseluruh dunia, dan akan terus bertambah karena kemudahan aplikasi ini dibandingkan dengan bahasa Server Side yang lain. Anda dapat melihat angka sesungguhnya di http://www.php.net/usage.php.
PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
Saat ini PHP amat populer dan menggantikan Perl yang sebelumnya juga populer sebagai bahasa scripting web. Menurut www.securityspace.com, PHP telah menjadi modul Apache terpopuler, melebihi FrontPage dan mod_perl, dan menurut hasil survei www.netcraft.co.uk, penggunaan PHP terus meningkat dan telah digunakan pada jutaan domain dan jutaan alamat IP.
PHP telah digunakan oleh berbagai situs populer baik luar negeri maupun situs dalam negeri.
Nah mungkin cukup dulu informasi dari saya ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman. Amin
Sumber: Trik Pintar Menguasai Codeigniter, Gungun Septian.

3 komentar:

{ cloud server } at: 19 Oktober 2017 pukul 23.24 mengatakan...

makasi informasinya, sangat bermanfaat

{ hosting corporate } at: 12 Desember 2017 pukul 19.41 mengatakan...

terimakasih atas informasinya

{ Shafira Aulia } at: 22 Maret 2022 pukul 00.43 mengatakan...

"Thank you for nice information
Please visit our website unimuda and uhamka"

Posting Komentar

 
Share Ilmu Komputer © 2011 Theme modification with Mardian