blogger Share Ilmu Komputer Share Ilmu Komputer
This is an example of a HTML caption with a link.

Tutorial Pemrograman Java, Memasukan gambar kedalam Frame program

0 komentar

Saat masih baru-baru belajar pemograman Java, saya merasa kesusahan ketika ingin memasukan gambar kedalam frame(form), beberapa cara klasik saya coba, seperti mengkopi gambar yang ada dalam folder kemudian mempastekan kedalam form sudah dicoba tetapi tidak bisa, saya mengira bahwa memasukan gambar kedalam form diperlukan rentetan skrip, itu membuat saya gentar dalam mempelajari pemograman Java, saya ingin sekali pindah belajar VB karena dalam VB sangat mudah dalam memasukan gambar, sampai suatu hari didalam ruang sejuk ber AC saya memperhatikan waktu paket sewa warnet yang mau habis dan sebuah skrip yang berguna dalam memasukan gambar kedalam frame(form). Setelah skrip tersebut dipelajari sekarang saya akan memberitahu bagaimana caranya memasukan gambar kedalam Frame program, silahkan disimak artikel dibawah ini
Buka netbeans Anda lalu buat proyek baru dan buat sebuah class, class ini nantinya akan digunakan untuk menampikan frame yang didalamnya terdapat gambar
Kemudian salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal lalu pelajari penjelasan skripnya


package pelajaranjava;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;



public class AlasGambar extends Frame{

Toolkit ambilGambar=getToolkit();

AlasGambar(){

super("Gambar Souljaboy");

addWindowListener(JE);

setSize(500,260);

setVisible(true);

}

public void paint(Graphics Gambar){

Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");

Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);

}

JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}

}
-------------------------------------------------------------------
Penjelasan Skrip
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
__________________________
Mengimport class yang diperlukan
public class AlasGambar extends Frame{

Toolkit ambilGambar=getToolkit();

AlasGambar(){

super("Gambar Souljaboy");

addWindowListener(JE);

setSize(500,260);

setVisible(true);

}
___________________________________________
Kelas AlasGambar menampilkan frame
membuat objek ambilGambar dari kelas Toolkit yang berfungsi untuk mengambil gambar dari alamat yang diketikan
membuat title program bernama "Gambar Souljaboy"
menambahkan window listener yang akan memproses program ketika User mengolah jendela program
membuat program mempunyai lebar 500 dan tinggi 260
membuat program menampakan dirinya
public void paint(Graphics Gambar){

Image img = ambilGambar.getImage("C:/Souljaboy.jpg");

Gambar.drawImage(img, 150, 50, 200, 200, this);

}
_____________________
Membuat void paint dengan parameter berupa objek Gambar dari kelas Graphics
membuat objek img dari kelas Image, img mengambil gambar dari objek ambilGambar yang mengambil gambar Souljaboy dengan tipe gambar JPG yang beralamat pada direktori C
Objek Gambar mulai menggambar img pada kordinat x 150m kordinat y 50, lebar gambar 200 dan tinggi gambar 200, observernya adalah this
JendelaEvent JE = new JendelaEvent();

public class JendelaEvent extends WindowAdapter{

public void windowClosing(WindowEvent wc){

dispose();

System.exit(1);
}
}
____________________________________________
Membuat objek JE dari kelas JendelaEvent
Membuat kelas JendelaEvent dan menampung WindowAdapter
Membuat void windowClosing dan menaruh skrip didalamnya, hal ini berarti ketika User mengclose program tersebut maka windowClosing akan menjalankan baris program yang dimilikinya, kita memberikan skrip dispose dan System.exit(1); pada void windowClosing sehingga ketika User mengklik close pada jendela Size program, program akan menghilangkan kenampakannya dan sistem program tersebut akan berhenti
Pada kelas Main salin skrip dibawah ini yang diberi cetak tebal


package pelajaranjava;


public class Main {


public static void main(String[] args) {
AlasGambar ag = new AlasGambar();

}

}
___________________________________
Skrip diatas akan membuat objek ag dari kelas AlasGambar, jika Anda menggunakan kelas selain kelas AlasGambar untuk memasukan gambar kedalam frame maka Anda harus mengganti AlasGambar dengan nama kelas yang Anda gunakan tersebut.


Tekan F6 untuk menjalankan program lalu Anda akan melihat tampilan program seperti berikut ini





Game Terbaru 2012

0 komentar

Pada postingan kali ini saya akan memberi teman-teman Info Games terbaru yang ada di tahun 2012 ini, ya pastinya teman-teman mesti tahu apa aja sih game yang keluar atau yang akan keluar di tahun ini.....
Penasaran kan....hehehe kita langsung aja lihat.



Team Candy SC901 Flash Disk yang Mirip Permen

2 komentar

Team Group membuat sebuah flash disk unik yang jika dilihat sekilas akan tampak seperti sebuah permen dengan nama Candy SC901. Warna badan luar yang biru pucat dipadu dengan putih di bagian dalam, ditambah dengan kait plastik lentur model spiral yang juga berwarna-warni membuatnya terlihat seperti permen mint berukuran besar.



Asus Eee PC 1025 Flare Series, Netbook Dengan Prosesor Intel Atom Cedar Trail N2800 Dual-Core Terbaru Resmi Dirilis Asus

0 komentar

Setelah dipamerkan di Computex beberapa waktu lalu, akhirnya ASUS secara resmi meluncurkan Eee PC 1025 Flare Series, sebuah netbook yang telah menggunakan prosesor Intel Atom Cedar Trail N2800 dual-core terbaru.



Windows 8 Consumer Preview Didownload 1 Juta Kali Dalam Waktu 24 Jam

0 komentar


Tak disangka, alam kurun waktu hanya 24 jam setelah dirilis Windows 8 Consumer Preview telah diunduh sebanyak satu juta kali.

Avira Free Android Security, Lindungi Android Anda Dari Serangan Malware

0 komentar

Jika sebelumnya hanya bermain di desktop komputer, kini avira mulai merambah ke mobile device dengan meluncurkan aplikasi pertamanya di Android Market dengan nama Avira Free Android Security.

Ilmuwan di Jepang Kembangkan Mobil Tembus Pandang Dengan Teknologi kamuflase Optik

3 komentar

Kini mobil tembus pandang bukan hanya hayalan atau hanya ada di film-film hero saja, Para ilmuwan telah mencoba teknologi kamuflase optik sehingga satu mobil Mercedes F-Cell bisa nyaris tidak terlihat atau tembus pandang.

 
Share Ilmu Komputer © 2011 Theme modification with Mardian