blogger Share Ilmu Komputer Share Ilmu Komputer
This is an example of a HTML caption with a link.

Membuat Karakter Minion Menggunakan Blender

17 komentar

TUGAS SOFTSKILL
MEMBUAT MODEL 3DIMENSI MENGGUNAKAN
BLENDER














Nama : Mardian
NPM  : 54411280
Kelas : 3IA07















UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan  teknologi saat ini memang mengalami kemajuan yang sangat pesat, mulai dari perkembangan perangkat keras maupun perangkat lunak. Tidak terkecuali perangkat lunak dalam bidang desain animasi yang juga ikut terkena dampak berkembangnya teknologi. Salah satu perangkat lunak yang terus berkembang adalah blender, blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat legal. Blnder memiliki video compositor dan integrated game engine karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada developer atau pengembang, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender memiliki kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D dan animation lainnya. Kelebihan yang dimiliki blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, karena blender sudah memiliki game engine sendiri dan menggunakan python sebagai bahasa pemrograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++, C, dan lain-lain. Blender menggunakan opengl sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS X. Sampai saat ini versi terbaru blender adalah 2.69.

B.  Tujuan
Adapun animasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah seputar kartun 3D, yaitu tokoh kartun bernama minions. Dalam makalah ini dibuat untuk memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca tentang bagaimana membuat model 3D pada aplikasi blender.

C.   Batasan Masalah
1.      Apa fungsi dari masing-masing menu dan shortcut pada blender ?
2.      Bagaimana membuat model 3D pada aplikasi blender ?



D.   Metode Penelitian
Rancangan model 3D yang dibahas dalam makalah ini adalah termasuk model sederhana, dan tergolong tidak terlalu sulit dalam pengerjaannya. Pembuatan model 3D dibuat dengan menggunakan aplikasi blender versi 2.65. Dalam proses pembuatan modeling, pertama diharuskan mengerti dan mengingat fungsi dari ikon ataupun shortcut dari aplikasi blender. Lalu setelah mengetahui dan mengingat maka dilanjutkan kedalam proses pembuatan model 3D, dalam pembuatan model diawali dengan membuat objek sederhana yang dikembangkan dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tercipta objek yang diinginkan.

























BAB II
PEMBAHASAN

A.    Perancangan Program
Disini akan langsung dibahas mengenai bagaimana membuat model 3D dengan menggunakan aplikasi blender.langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Pertama buka aplikasi blender yang telah terinstall dikomputer, disini saya menggunakan versi 2.65.
2.      Secara default ketika membuka blender maka akan ada objek kubus, hapus objek tersebut dengan menggunakan tombol X lalu pilih delete.
3.      Untuk memudahkan kita dalam melihat objek, kita split layar menjadi 3 bagian. Dengan cara klik dan drag tanda garis diujung atas sebelah kanan dan disebelah kanan bawah.

4.      Di jendela kedua kita bisa masukkan gambar contoh. Dengan klik ikon kubus dan pilih UV/Image Editor. Klik image>open image untuk memilih gambar.

5.      Setelah itu buat objek baru dengan menekan tombol kombinasi SHIFT + A, lalu pilih Mesh>UV Sphere

6.      Ketika membuat model 3D dengan blender adalah perlu diperhatikan posisi koordinat X,Y,Z. Disini kita tekan Numpad+1 untuk mengubah arah pandang terhadap Z dan X.
7.      Lalu klik tab modifier>add modifier>Subdivision Surface
8.      Lalu tambahkan subdivisionnya menjadi 2, agar objek terlihat lebih bulat.
9.      Agar objek lebih halus permukaannya maka tambahkan smooth dimenu samping kiri.
10.  Masuk ke Edit Mode dengan menekan Tab, lalu pilih face select. Seperti berikut. Perhatikan juga mode select dari ketiga ini karena penting.
11.  Lalu tekan A untuk deselect, disini saya akan menghapus setengah dari objek. Caranya tekan B untuk menyelekasi bagian, arahkan ke tengah objek bola, klik dan drag mouse sampai terseleksi setengah dari objek bola. Pastikan kita menyeleksi setengah objek itu tanpa ada bagian yang tertinggal. Jika ada bagian yang tertinggal kita cukup tekan SHIFT+KLIK bagian yang ingin kita select.
12.  Ketika sudah terseleksi tekan X>Faces untuk menghapus bagian tersebut.
13.  Klik modifier>add modifier>Mirror
14.  Selanjutnya membuat objek bulat menjadi berbentuk seperti kapsul, select ¼ bagian dengan tekan tombol B>klik dan drag pada bagian yang ingin diselect.
15.  Tarik garis Z keatas sehingga membentuk seperti kapsul.
16.  Tekan CTRL+R lalu scroll mouse untuk menambahkan bagian seleksi pada objek. Sesuaikan dengan kebutuhan.


17.  Seleksi lagi bagian atas untuk lalu tekan S>tekan Z untuk merendahkan bagian atas dengan patokan sumbu Z. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah objeknya.


18.    Atur  bagian bawah dengan select bagian garis yang kurang rapi dan tekan G 2x lalu arahkan mouse keatas.


19.    Berikan warna pada bagian tubuh dengan warna kuning, klik Material>klik tanda + >ganti nama dengan yellow (agar lebih mudah nantinya)>pilih warna kuning.
20.    Selanjutnya kita akan membuat bagian mulut, tekan Tab pada objek tubuh untuk select.
21.    Pilih mode face select dan pilih bagian yang akan diselect.
22.    untuk lebih memudahkan saya zoom bagian yang akan dibuat mulut, lalu tekan E dan tarik kedalam sedikit lalu enter, tekan E lagi dan baru tarik sampai terbentuk mulut. Proses exroot sengaja dilakukan 2x agar hasil terlihat lebih rapi.
23.    tambahkan material baru untuk bagian mulut. Disini saya memberi material tersebut dengan nama black_flat, dan pilih warna hitam.
24.    jika sudah maka akan seperti ini hasilnya.
25.    kita buat agar mulut terkesan tersenyum dengan klik salah satu
26.    selanjutnya membuat bagian gigi, masuk ke mode faces lalu select bagian atas mulut. Tekan SHIFT+D>Enter>Tekan P>Selection  untuk menduplikat bagian yang diselect.
27.    ketika sudah di duplikat dan memudahkan dalam membuat bagian yang lainnya kita perlu memberi nama pada setiap bagian. Maka rubah nama yang ada di bagian outline kita ganti dari Sphere.001>tooth dan Sphere>body
28.    lalu bagian yang tadi di diplikat di select, tekan S dan Y untuk memperkecil bagian tersebut terhadap sumbu Y.
29.    setelah itu tekan E untuk exroot dan tarik kebawah, hingga sperti ini.
30.    Tekan Tab untuk pindah ke Object Mode, lalu ke tab material dan hapus material yang ada pada bagian ini. Dan buat material baru beri nama “white” dan pilih warna putih.
31.    Tekan Numpad 8 dan Numpad 7 untuk mengatur bagian gigi dari bagian atas. Atur rotasi (Tekan R) dan skala (Tekan S) tentunya setelah titik pada bagian diselect. Usahakan seperti ini hasilnya.
32.    Masih pada bagian gigi, saya akan membuat seolah-olah ada 4 gigi dimulut. Caranya tekan CTRL+R>Enter>lalu tarik ke arah kiri. Lakukan hal yang sama dengan bagian gigi disebelahnya.
33.    Selanjutnya select bagian yang akan kita buat menjadi selah-selah gigi, Tekan E dan Tekan S arahkan kebagian dalam hingga seperti ini. Lakukan hal yang sama pada bagian gigi di sebelahnya.
34.    Perbesar bagian giginya dengan Tekan S dan arahkan keluar seperti ini.
35.    Select bagian gigi Tekan SHIFT+D untuk menduplikat, atur posisi hingga berada dibawah gigi pertama. Dan jangan lupa untuk mengganti nama bagian yang diduplikat tadi di tab outliner, disini saya ganti menjadi “tooth lower”
36.    Selanjutnya saya akan membuat bagian bajunya, select terlebih dahulu bagian tubuh dan seleksi menyerupai baju yang ada pada gambar. Tekan SHIFT+D>Tekan P>Selection untuk menduplikat bagian yang diselect. Dan ganti nama bagian tersebut, disini saya ganti dengan “jeans”.
37.    Dan pada bagian jeans hapus material yang ada dan buat material baru dengan warna biru.
38.    Perbesar bagian jeans dengan Tekan S dan atur skalanya.
39.    Tambahkan modifier solidify pada bagian jeans.
40.    Select bagian jeans tekan CTRL + Numpad 7 untuk melihat dari bagian bawah. Select beberapa bagian yang nantinya akan dibuat sebagai kaki.
41.    Pada bagian yang telah diselect kita Tekan E arahkan kebawah untuk exroot membentuk bagian kaki. Atur dengan menggunakan rotasi dan skala.

42.    Pada bagian bawah yang masih di select Tekan P>Selection, ini menjadikan bagian bawah ini yang nantinya akan dijadikan sebagai awal pembentukan bagian sepatu. Dan beri nama pada outliner dengan nama “shoes”.
43.    Setelah itu pisahkan dengan bagian kaki, dan berikan material black_flat pada bagian sepatu.
44.    Lakukan exroot pada bagian shoes, seperti dibawah ini.
45.    Select bagian depan sepatu lalu ubah view dengan CTRL + Numpad 7, atur rotasi dan skala dari bagian tersebut serta tekan E untuk exroot bagian depan sepatu.

46.    Select bagian sepatu yang belum rapi Tekan G untuk merapihkannya.
47.    Select semua bagian sepatu dan tarik keatas hingga menyatu dengan bagian kaki.
48.    Lalu kita akan membuat bagian kacamata dari minion, Tekan SHIFT+A>Mesh>Circle. Dan pada bagian vertices rubah angkanya menjadi 8.


49.    Tarik keatas bagian circle tadi agar mudah memodifikasinya, atur skala dan rotasinya sehingga menjadi seperti ini.
50.    Tekan Tab untuk select circle, Tekan E>Tekan S hingga menjadi seperti ini.
51.    Select garis bagian belakang circle dan tekan E hingga menjadi seperti ini.
52.    Setelah itu Tekan SHIFT+D untuk menduplikat circle dan letakkan disamping circle pertama.
53.    Select bagian kedua sisi circle pertama dan kedua dan Tekan X>Faces untuk menghapus bagian tersebut.
54.    Dekatkan kedua circle tersebut, Tekan B untuk menseleksi bagian pinggir kedua circle.
55.    Setelah terselect Tekan W>Remove Doubles untuk menghapus garis yang dobel.
56.    Tambahkan modifier>add modifier>Subdivision Surface agar objek kacamata terlihat melengkung permukaannya.
57.    Di Tab modifier di bagian subdision rubah view menjadi 2.
58.    Select bagian batang kacamata yang dekat bagian tengah, Tekan CTRL+R dan tarik ke arah bagian tengah agar terlihat lebih realistis. Lakukan hal serupa pada ketiga bagian lainnya.
59.    Masih pada bagian kacamata, tekan CTRL+R>Enter lalu arahkan kedepan. Lakukan lagi hal serupa lalu arahkan kebelakang. Ini bertujuan agar permukaan atas terlihat agak flat.
60.    Tekan CTRL+R>Enter lagi pada bagian depan kacamata dan arahkan ke lubang kacamata. Lakukan pada lubang kacamata yang 1 lagi.
61.    Tarik kacamata ke bawah, dan sesuaikan di posisinya, Tekan Numpad + 7 lalu atur posisi dari atas.
62.    Untuk membuat bagian mata kita bisa buat dari bagian kepala, select bagian dari kepala Tekan SHIFT+D>P>Selection untuk menduplikat
63.    Select bagian yang telah di duplikat tadi ganti nama di outliner dengan “eyes”, Tekan R>X untuk melakukan rotasi terhadap sumbu X. Perkecil skalanya dan letakkan diatas sebelum nanti dipindahkan.

64.    Pada bagian tab modifier klik Apply.
65.    Hapus material yang terdapat pada bagian eyes, lalu tambah baru tetapi menggunakan warna white yang tadi tela dibuat.
66.    Select bagian tengah mata tapi tidak semuanya, lalu tambahkan material baru bernama brown dengan warna coklat tanpa menghapus material white tadi.
67.    Select bagian inti mata lalu buat material baru dengan warna hitam, kita bisa pilih material black yang tadi kita buat.
68.    Select lagi dari bagian brown sampai black dan perkecil ukurannya dengan skala.
69.    Buat agar mata terlihat melengkung dengan tekan S>Y, kita buat melengkung terhadap sumbu Y.
70.    Lalu atur posisi mata dibelakang kacamata, sesuaikan dengan posisi kacamata.
71.    Select bagian eyes atau mata dan tekan SHIFT+D untuk menduplikatnya, atur mata kedua sesuai posisinya.
72.    Select bagian badan untuk membuat bagian tangan.
73.    Tekan Numpad + 1 untuk merubah view lalu tekan E untuk exroot.

74.    Tekan R untuk rotasi kan bagian yang di select ke bawah. Gunakan fungsi tombol R, S, dan G untuk menentukan posisi tangan yang pas.

75.     Select bagian ujung tangan dan tekan P>selection. Pada tab material hapus semua material dan berikan material black. Tekan S untuk membesarkan area sarung tangan, dan tarik ke atas. Lakukan teknik exroot pada bagian tersebut.
76.    Setelah berbentuk seperti dibawah maka select satu bagian di belakang sarung tangan lalu lakukan teknik exroot. Ada tiga bagian yang di exroot yang nantinya akan dijadikan jari.
77.    Rapihkan bagian depan sarung tangan dengan bantuan tombol S.
78.    Select bagian tubuh lalu tekan tab, lakukan seleksi di bagian atas tangan untuk membuat strip yang tersambung ke baju. Tekan SHIFT+D>P>Selection. Hapus semua material yang ada dibagian strip lalu tambahkan material dengan jeans.

79.    Perbesar strip nya, lalu select bagian tengah strip lalu tarik keatas. Sesuaikan posisi ujung strip agar tetap dekat dengan bagian baju.
80.    Dan ini lah hasilnya.

















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa pada proses pembuatan animasi 3D diperlukan pengetahuan khusus tentang aplikasi yang dijadikan media pembuatan animasi. Selain itu dalam merancang animasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu objek animasi itu sendiri, armature atau kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur kapan objek bergerak atau berhenti.



B.     Saran
Untuk membuat animasi 3D menggunakan blender, disarankan untuk mengingat atau menghafal shortcut tombol karena jika tidak maka akan terjadi kesulitan dalam proses pembuatan.
Penulis sadar dalam makalah ini masih terdapat benyak kesalahan, baik kesalahn dalam penulisan, bahasa, maupun materi dari makalah ini. Maka dari itu sangat diharapkan saran dan masukkannya dari para pembaca yang sifatnya membangun.













REFERENSI

blenderswap.com
blenderstar.com





Bagi kawan-kawan yang ingin download makalahnya, silahkan didownload disini.
Untuk file .blend nya bisa di download disini.
Keep Sharing kawan :)

Cara Membuat Virtual NIC Di Kali Linux

0 komentar

     Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana membuat virtual NIC pada Kali Linux, sebenarnya jika kita membuat di Linux Ubuntu atau Linux yang lainnya yang turunannya masih Debian tidak jauh berbeda.
NIC (Network Interface Card) adalah kartu jaringan yang terdapat pada komputer atau perangkat lain yang memungkinkan perangkat tersebut terkoneksi kedalam jaringan. Fungsi dari virtual NIC itu hampir sama seperti NIC asli hanya saja bentuk fisiknya tidak ada alias hanya virtual saja. Jika kita ingin membuat virtual NIC maka kita juga harus mempunyai NIC fisik aslinya yang sudah terpasang di PC atau laptop kita.
   
1. Oke kita cek terlebih dahulu informasi tentang jaringan di PC atau laptop kita dengan mengetikkan perintah ini di teminal :
  ifconfig  

berikut tampilannya di laptop saya :

dari gambar diatas bisa disimpulkan bahwa di laptop saya mempunyai 2 buah NIC fisik, yaitu eth0 dan wlan0.

2. Dan untuk membuat sebuah virtual NIC kita ketikkan perintahh berikut di terminal :
  ifconfig eth0:1 192.168.1.1/24   
nb: jika anda memakai Linux versi lain maka jangan lupa menambahkan kata sudo diawal perintah, disini tidak menggunakan sudo dikarenakan saya sudah masuk kedalam mode root.

format perintah untuk membuat virtual NIC adalah :
  ifconfig [kartu_jaringan]:[id_virtual alamat_ip]/[netmasks]  
nb : eth0:1 artinya kita buat virtual pada NIC eth0 dengan id=1, id bisa anda tentukan sesuai keinginan anda.

3. lalu ketikkan perintah pada nomor 1, dan lihat hasilnya :


jika hasil di PC atau laptop anda sama seperti diatas berarti anda telah berhasil membuat virtual NIC.
4. Tapi ketika kita ketikkan perintah :
  service networking restart  

maka virtual NIC yang baru saja kita buat akan hilang atau bisa dibilang virtual NIC yang anda buat tadi sifatnya tidak permanen atau ketika PC atau laptop direstart maka virtual NIC tersebut akan hilang.

5. jika anda ingin memjadikan virtual NIC tadi permanen maka anda harus membuka file interface yang ada di   etc/network/interface   atau dengan mengetikan di terminal :

  vim /etc/network/interfaces  
kemudian tambahkan konfigurasi dibawah ini :

auto eth0:0 
    iface eth0:0 inet static 
    address 192.168.1.1 
    netmask 255.255.255.0 
    network 192.168.1.0 
    broadcast 192.168.1.255 

kemudian simpan, dan jalankan perintah pada point nomor 4. Dan virtual NIC kita telah menjadi permanen. Untuk menghapusnya cukup buka file interface tadi dan hapus script yang tadi anda tambahkan.
Semoga Bermanfaat.


Cara Menjalankan Google Chrome di Kali Linux

0 komentar

     
       Kali Linux adalah sistem operasi berbasis linux, Kali Linux sendiri adalah lanjutan dari versi Backtrack atau bisa dibilang Kali Linux itu Backtrack 6. Kali Linux yang saya tahu dia sebenarnya adalah debian yang dirombak ulang dan ditambahkan tools-tools hacking sama halnya seperti Backtrack cuma bedanya Backtrack itu adalah rombakan dari Ubuntu.
      Oke, kembali ke tema kita. Jika diantara kawan-kawan yang memiliki masalah ketika menginstal Google Chrome di Kali Linux maka masalah anda sama dengan saya ketika baru menggunakan Kali Linux :D.
Google Chrome di Kali Linux harus dijalankan sebagai Root.

Solusinya :

  1. Buka Terminal Linux (CTRL + T)
  2. Ketikkan perintah berikut di Terminal :
     3.  Lalu akan muncul bilangan hex diterminal, tekan Tab 1x untuk pindah ke mode ASCII
       
    4. Tekan CTRL + S untuk mencari kata "geteuid" dan rubah menjadi "getppid"
    

     5. Tekan CTRL + X lalu ketikkan "y" untuk menyimpan.
     6. Enjoy !!! 

Pengalaman Pribadi Ketika Melakukan Kegiatan Dalam Mengembangkan Sistem Informasi

0 komentar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

          Mohon maaf kawan-kawan sebelumnya, lama saya tidak menulis di blog ini :). Maklum lagi sibuk-sibuknya kuliah dan lagi tugas di semester ini cukup banyak. Dan postingan kali ini juga adalah salah satu tugas saya di kampus, tepatnya tugas dari mata kuliah Sistem Operasi.
         Oke, disini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya dalam mengembangkan sebuah sistem informasi. Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan sekaligus me-review tentang apa itu sistem, karakteristik sistem, klasifikasi sistem.

1. Apa yang dimaksud sistem ?
    jawab: sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang tergabung menjadi satu untuk mencapai suatu                    tujuan tertentu.

2. sebutkan dan jelaskan karakteristik sistem ?
    jawab: - Komponen adalah elemen-elemen terkecil.
               - Boundary adalah batasan-batasan dari subsistem atau suprasistem atau sistem.
               - Environment adalah lingkungan luar dari sebuah sistem itu sendiri.
               - Interface adalah media perantara antara sub sistem.
               - Input adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem.
               - Output adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna.
               - Proses adalah pengolahan sistem.
               - Objective and Goal adalah tujuan atau sasaran dari sistem itu sendiri.

3. sebutkan dan jelaskan klasifikasi sistem ?
    jawab: - Sistem Abstrak adalah sistem yang berisi gagasan atau konsep, misalnya gagasan tentang                              hubungan antara manusia dan tuhan (teologi)
               - Sistem Fisik adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat, misalnya sistem akutansi.
               - Sistem Deterministik adalah sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, misalnya                           sistem komputer.
               - Sistem Probalistik adalah sistem yang tidak dapat diperkirakan secara pasti, misalnya sistem                           arisan.
               - Sistem Terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh                               lingkungan, misalnya sistem perusahaan dagang.
               - Sistem Tertutup adalah sistem yang tidak saling bertukar apapun dengan lingkungan, misalnya                         reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi
               - Sistem Sederhana
               - Sistem Kompleks.

        Nah itu adalah pembahasan secara singkat mengenai sistem. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengembangkan suatu sistem jaringan komputer di tempat saya dulu ketika sedang melakukan praktek kerja lapangan (PKL). Saya dulu PKL ditempat yang menyediakan jasa layanan internet dan perbaikan komputer. Waktu hari pertama saya PKL saya langsung diberikan tugas untuk menganalisa sistem jaringan yang ada ditempat itu, kebetulan sistem jaringan ditempat itu menggunakan server yang berbasis mikrotik. Mikrotik itu adalah sebuah router os yang memiliki berbagai fungsi yang beragam, seperti menggabungkan dua jaringan yang berbeda, limit bandwith, proxy, dan lain-lain. Setelah saya selesai menganalisa saya diberikan tugas untuk menginstall ulang semua client dijaringan itu, jujur waktu itu saya sangant kaget karena waktu itu saya baru kelas satu SMK dan sudah diberikan tugas yang cukup berat dan bahkan belum diajarkan disekolah, untung saja saya disana dibimbing oleh pengawas saya disana sehingga alhamdulillah saya bisa mengerti apa yang harus saya lakukan. Dengan bermodalkan internet yang ada ditempat itu saya mencoba mencari tahu apa saja yang dibutuhkan dan tata cara dalam maintenance sebuah jaringan. Walaupun dalam proses maintenance sebuah sistem jaringan saya dibantu oleh teman-teman dan oleh pengawas disana. Ketika setelah maintenance jaringan disana saya diberi tugas untuk memonitoring apakah setelah maintenace itu para client ada yang komplain atau tidak. Waktu itu ada beberapa client disana yang komplain disana, saya kaget sekali karena waktu itu saya belum berpengalaman dalam menanganani komplain dari client. Client yang komplain adalah para pelanggan RT-RW Net, RT-RW Net bisa dianalogikan seperti hotspot di cafe-cafe tapi disini dalam ruang lingkup perumahan dan dapat menggunakan media wired atau wireless. Pada komplain pelanggan yang pertama saya sampai harus memeriksa langsung ke rumah pelanggan tersebut, dan ternyata masalahnya adalah pada kabel UTP yang rusak. Untuk memperbaikinya saya dan teman saya harus crimping kabel UTP tersebut.
        Saya PKL selama tiga bulan dan alhamdulillah ketika saya kembali ke sekolah ilmu saya telah bertambah dan bisa saya bagikan kepada teman-teman saya disekolah.

        Demikian adalah pengalaman pribadi saya dalam menganalisis, mengembangkan, serta memperbaiki sistem jaringan komputer.

Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
     

 
Share Ilmu Komputer © 2011 Theme modification with Mardian